5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Kondisi Keuangan Meningkat di 2020


Dalam mengurus keuangan, bukan perkara mudah untuk menjaga kondisinya agar tetap stabil, apalagi meningkatkannya. Tapi, mau tidak mau harus tetap diupayakan. Sebab, kehidupan terus berjalan dan kebutuhan akan semakin meningkat setiap tahunnya. Jangan berkecil hati jika kondisi keuanganmu di tahun-tahun sebelumnya kurang begitu baik. Di tahun ini, masih ada kesempatan bagi kamu untuk bisa memperbaiki sekaligus meningkatkannya!

Berbicara soal upaya meningkatkan kondisi keuangan agar hidup bisa jadi lebih baik lagi, nggak melulu artinya harus bekerja sekeras-kerasnya agar bisa punya banyak uang. Ada juga beberapa hal dari diri sendiri yang perlu dievaluasi. Sebab, mengatur keuangan juga berkaitan erat dengan komitmen dan disiplin. Nah, kalau di tahun ini kamu berencana pergi liburan ke destinasi impian, bertunangan, menikah, hingga mau ambil KPR, yuk coba tingkatkan kondisi keuanganmu dengan 5 cara berikut ini: 

Mengecek kembali penggunaan fasilitas kredit

Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi keuangan memburuk, salah satunya tentu saja beban utang. Mulai dari utang kartu kredit hingga pinjaman uang untuk kebutuhan konsumtif. Apakah kamu mengalaminya?

Jika ya, maka di awal tahun ini, kalau mau kondisi keuangan naik, segera cek kembali histori penggunaan kartu kredit atau pinjaman yang sudah pernah kamu lakukan sebelumnya. Apakah sering overlimit? Sering membayar tagihan kartu kredit hanya sebatas minimum saja? Atau kerap ajukan pinjaman uang untuk gaya hidup?

Setelah menemukan akar permasalahannya, dari situ kamu bisa menentukan langkah selanjutnya. Misalnya, kalau punya terlalu banyak kartu kredit, maka kamu bisa menutup beberapa dan sisakan satu yang terbaik agar tidak boros. Kalau kamu kerap ajukan pinjaman uang tanpa pikir panjang, segera lunasi dan jangan lakukan hal serupa lagi. 

Solusi lainnya, kamu juga bisa memilih fasilitas kredit yang all in one seperti Kredivo. Serupa dengan kartu kredit perbankan, Kredivo adalah layanan kredit digital yang bisa digunakan untuk belanja cicilan tanpa uang muka s.d 12 bulan di ratusan merchant dan pinjaman uang tunai mulai 500 ribu hingga puluhan juta. Yang menarik, selain limit kreditnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta, suku bunga Kredivo juga rendah dan bersahabat lho. Hanya 2,95% per bulan, baik untuk cicilan atau pinjaman uang tunai. Plus, tidak ada biaya kartu, biaya bulanan, hingga biaya tahunan yang perlu kamu bayar jika menggunakan Kredivo. Tentunya, jauh lebih hemat!

Komitmen melunasi utang yang tersisa

Kerap menunda pembayaran uang sampai lewat jauh dari jatuh tempo adalah salah satu tanda kamu belum memiliki komitmen untuk melunasi utang. Makin sering ditunda, makin banyak juga jumlah denda yang harus dibayarkan. Kondisi ini tentu saja akan berpengaruh pada anggaran keuanganmu. Idealnya, supaya kondisi keuangan sehat, jumlah utang yang kamu miliki tidak boleh lebih dari 30% total penghasilan. Maka, jika saat ini jumlah utangmu masih 30% atau lebih, setop berutang dan miliki komitmen untuk melunasi sisa utang tersebut sesuai tenor yang disepakati. Dengan begitu, kondisi keuanganmu akan bisa akan membaik. Kamu pun jadi bisa fokus menabung usai melunasi utang. 

Mengurangi pesan makanan dari jasa antar online

Di satu sisi teknologi dibuat untuk memudahkan segala urusan, termasuk jasa pesan antar online makanan. Tapi, di sisi lain, kemudahan tersebut perlahan-lahan juga membuat kita menjadi ketergantungan dan malas. Memang, dengan memesan makanan dari jasa pesan antar online sama juga membuka peluang pekerjaan dan berbagi rezeki ke orang lain. Namun, kalau dilakukan terlalu sering, nggak bagus juga untuk kondisi keuanganmu, lho. Supaya bisa lebih hemat dan menabung lebih, bujet yang bisa kamu otak-atik sedemikian rupa dari anggaran keuangan adalah bujet makan. Misalnya, minggu ini kamu komitmen untuk makan makanan yang dimasak sendiri di rumah supaya nggak keluar uang terlalu banyak. Nah, minggu depannya, kamu bisa menghibur dan mengistirahatkan diri dengan makan di luar sesekali. 

Mencoba daftar ke situs pekerjaan freelance

Sekarang, sudah bukan waktunya lagi hanya bertumpu pada satu sumber penghasilan kalau mau kondisi keuangan meningkat. Kamu juga harus nyambi cari peluang sana sini. Entah itu peluang bisnis atau peluang bekerja sampingan dari rumah di waktu senggang. Tahukah kamu kalau saat ini, ada banyak situs penyedia jasa freelancer yang bisa kamu andalkan. Di situs ini, biasanya ada dua peran yang tersedia: pemberi pekerjaan dan pencari pekerjaan. 

Pemberi pekerjaan biasanya akan memposting daftar pekerjaan freelance yang ia butuhkan beserta kriterianya. Nah, pencari pekerjaan bisa membuat akun profil dan portofolionya pada situs tersebut, kemudian meng-apply jika ada pekerjaan yang kriterianya cocok, beserta bid fee yang diharapkan. Nantinya, pemberi pekerjaanlah yang akan menentukan profil mana yang dianggap pas untuk menjalankan pekerjaan tersebut.

Negosiasi kenaikan gaji atau bonus di kantor

Merasa performa kerjamu di kantor berada di atas rata-rata? Nah, mungkin sekarang, kamu bisa mempertimbangkan opsi untuk melakukan negosiasi kenaikan gaji atau persentase bonus di kantor. Apalagi jika posisi atau jabatanmu di kantor cukup strategis. Dengan naiknya gaji, otomatis perlahan-lahan kamu bisa meningkatkan taraf hidup. Plus bisa mengatur keuangan untuk rencana jangka panjang seperti menikah atau membeli rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *