Inidia Cara Menghemat Listrik Di Rumah Yang Harus Anda Ketahui


Tagihan listrik pln anda selalu membengkak tiap bulannya? Mungkin hal ini disebabkan kesalahan anda sendiri yang salah atau terlalu boros dalam menggunakan listrik setiap harinya. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang cara menghemat listrik sebagai berikut :

1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Dalam hal ini, jangan pernah biarkan peralatan terpasang pada saklar pada saat sedang tidak digunakan. Baik itu setrika, tv, komputer, pengisi daya gadget, dan barang-barang elektronik lainnya. Pada saat anda sudah merasa tidak perlu untuk menggunakan listrik untuk alat-alat elektronik tersebut, maka sebaiknya hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabelnya masih tersambung dengan saklar walaupun dalam keadaan mati atau off. Karena walaupun dalam keadaan off, listrik akan tetap mengalir dalam kabel ke peralatan elektronik tersebut. Dengan demikian, listrik akan terbuang sia-sia serta anda harus membayar tagihan listrik yang semakin membengkak. Maka dari itu, lebih anda cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk menghemat daya listrik di rumah.

2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Menggunakan listrik dengan sistem pulsa /token bisa membantu anda untuk menghemat pengeluaran tagihan listrik yang semakin mahal. Karena dengan sistem listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Sehingga dengan demikian, bisa membantu anda dalam mengontrol penggunaan listrik secara berlebihan serta bisa membuat anda lebih bijak dalam menggunakan listrik. Pada saat pulsa listrik anda habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah anda akan terputus dan mati, sehingga untuk menyalakannya lagi anda harus membeli pulsa listrik terlebih dahulu. Cara kerjanya sama dengan pulsa pada handphone prabayar sehingga anda bisa menghitung dan mengontrol kebutuhan listrik dan bisa meninjau kembali penggunaan listrik apa saja yang sebenarnya bisa ditiadakan dari pemakaian listrik yang berlebihan, sehingga biaya dari penghematan listrik tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

3. Hemat Penggunaan Lampu

Untuk soal penggunaan lampu, maka anda bisa menyiasati kebutuhan penerangan di rumah dengan menggunakan lampu ketika benar-benar diperlukan saja, misalnya pada malam hari. Sedangkan untuk siang hari, anda bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama di rumah anda. Selain itu, gunakan juga lampu hemat energi yang hanya membutuhkan daya listrik yang relatif lebih sedikit. Anda juga bisa menerapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 – 20.00. Cara-cara ini bisa anda lakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap listrik serta bisa menekan biaya tagihan listrik bulanan anda.

4. Gunakan AC Seperlunya

AC ini bekerja dengan menggunakan listrik yang lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Jika di rumah anda menggunakan AC, maka pilihlah AC yang hemat energi serta memiliki kemampuan untuk menaikan suhu atau off secara otomatis pada saat ruangan sedang ada sedikit orang atau justru lagi tidak ada orang sama sekali sehingga anda tidak perlu mendinginkan ruangan yang efeknya tidak dirasakan oleh siapapun. Selain itu, sesuaikan juga suhu AC dengan luas ruangan serta jumlah orang yang ada. Karena suhu 20 derajat untuk luas ruangan yang sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang tentunya bisa dirasakan sangat berbeda. Dimana suhu ini akan dirasakan sangat dingin pada ruangan yang diisi hanya satu orang, namun akan terasa masih panas jika berada di ruangan yang diisi oleh 5 orang.

5. Matikan Alat Elektronik Ketika Hendak Tidur

Dalam hal ini, hindari kebiasaan tidur dengan meninggalkan berbagai alat elektronik yang masih menyala. Misalnya TV masih menyala, lampu menyala, gadget masih dalam proses pengisian baterai, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu tentunya akan membuat tagihan listrik anda membengkak. Maka dari itu, lampu sebaiknya dimatikan saja ketika anda sedang tidur atau istirahat, karena selain untuk menghemat biaya listrik juga bisa membuat ruangan menjadi lebih nyaman, adem untuk anda beristirahat. Jangan pernah juga meninggalkan gadget yang sedang diisi baterainya ketika hendak tidur, karena selain bisa berpengaruh pada tagihan listrik anda, juga bisa membuat baterai gadget anda menggelembung karena kelamaan mengisi baterainya.

Demikianlah informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *