Jangan Sepelekan Sembelit, Inilah Beberapa Cara Untuk mengatasinya


Pengobatan perlu segera diberikan saat anak Anda jatuh sakit. Termasuk saat sang anak mengalami sembelit, para orang tua perlu bertindak cepat agar sang anak tidak menderita sembelit lebih lama. Sebab, sembelit merupakan salah satu masalah pada sistem pencernaan dan ketika sistem pencernaan sang anak terganggu, ia akan mengalami kesulitan dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi sembelit? Jangan khawatir, ada beberapa buah dan sayuran yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan sembelit anak secara alami.

Pir

Mirip seperti apel, buah pir merupakan salah satu buah-buahan yang jadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis, segar dan mudah dimakan jadi alasan mengapa buah pir merupakan buah favorit banyak orang. Tapi, disamping menjadi buah favorit, buah pir juga merupakan buah-buahan yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh khususnya anak-anak.

Anak-anak membutuhkan buah pir sebagai solusi praktis saat ia mengalami sembelit. Sebab, buah pir memiliki setidaknya 5,5 gram serat yang bermanfaat untuk anak sembelit. Disamping itu, buah pir juga bisa dilembutkan dan cocok dijadikan MPASI untuk bayi diatas 6 bulan. Sehingga, buah yang satu ini bisa menajdi buah yang cocok saat Si kecil mengalami konstipasi.

Brokoli

Sayuran seperti brokoli merupakan sayuran yang baik bagi manusia. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang baik untuk sistem imun tubuh. Disamping itu, brokoli juga memiliki kandungan betakaroten serta bisa membantu mengatasi masalah sembelit yang diderita oleh anak-anak.

Kemampuan brokoli untuk mengatasi sembelit tak lepas dari kandungan serat yang ada didalamnya. Brokoli bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan jika disajikan sebagai menu makanan sehari-hari. Sajikan menu brokoli sebagai MPASI dengan cara dihaluskan atau diblender bersama makanan lainnya agar lebih mudah ditelan oleh sang anak.

Selain buah dan sayuran diatas, perkaya juga pengetahuan Anda dengan rutin membaca info kesehatan seperti di laman berikut https://www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi. Sebab, Guesehat.com merupakan sumber info kesehatan yang terupdate dan bisa dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *