3 Fakta Perang Kemerdekaan Indonesia

Siapa yang tak mengenal sejarah para pejuang pejuang Indonesia, yang dengan gagah berani melawan para penjajah di bumi kita. Mereka berjuang tanpa mengenal lelah dan tanpa mengharapkan imbalan apapun dari masyarakat Indonesia. Sudah seharusnya kita menghargai para pahlawan dan pejuang Indonesia, tanpa jasa mereka kita tidak akan bisa menikmati kemerdekaan ini dengan damai. Tanpa banyak panjang lebar lagi, disini akan saya sampaikan 3 fakta perang kemerdekaan Indonesia.

1.Pertempuran Surabaya 10 November 1945 di Surabaya

Gencatan senjata antara indonesia dan pihak sekutu justru berbuntut ke insiden jembatan merah. Jendral inggris Aws. Mallaby yang kala itu berpas pasan dengan sekelompok pejuang Indonesia, terlibat baku tembak karena kesalahpaham semata. Mallaby pun mati dalam pertempuran itu, lantas membuat pihak sekutu marah, dan pada 10 november 1945 pihak sekutu mengeluarkan ultimatum pada masyarakat Indonesia dan menyerahkan semua senjatanya. Namun ultimatum itu tidak dihiraukan masyarakat surabaya, dan terjadilah perang yang menewaskan 6.000 pejuang surabaya.

  1. Peristiwa Bandung Lautan Api di Bandung

Ultimatum tentara sekutu kepada Indonesia untuk segera meninggalkan kota Bandung, memicu salah satu gerakan paling spektakuler didalam sejarah Indonesia. Menyadari kekuatan yang tak berimbang, kemudian para pejuang bandung menyuruh masyarakatnya untuk mengungsi kedaerah jawa barat lainnya, dan membumi hanguskan seluruh kota Bandung agar tidak bisa dimanfaatkan oleh penjajah.

  1. Operasi Trikora di Irian Barat

Operasi trikora digelar dengan satu tujuan utama yang sederhana namun jelas dengan berbagai usaha yakni merencanakan, mempersiapkan, dan menyelanggarakan operasi militer untuk menggabungkan irian barat dengan indonesia. Berbekal persenjataan dari unisoviet, para tentara Indonesia melakukan operasi militer besar besaran kekawasan irian barat, yang menyebabkan nyali tentara penjajah ciut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *