3 Penyebab Anak Sulit Tidur dan Cara Mengatasinya

bayi-susah-bab-dokterbabe

Pada dasarnya bayi itu belum mengetahui perbedaan antara siang dan juga malam dan orangtua pun mengetahui hal itu. bayi yang memasuki usia 4 bulan cenderung akan banyak tidur tetapi bayi ini belum mengetahui cara agar drinya dapat terlelap tidur. Banyak hal yang menyebabkan bayi sulit tidur dan akan sering terbangun seperti bayi yang merasa lapar, merasa haus, dan merasa kelelahan.

Berikut cara mengatasi bayi susah tidur dikarenakan ketiga faktor diatas sebagai penyebabnya diantaranya yaitu :

  1. Sulit Tidur Karena Merasa Lapar  

Agar bayi tidak terbangun dimalam hari maka sebaiknya susui bayi setiap 4 jam sekali atau sepenuhnya sesuai dengan permintaan bayi. Hal ini harus dilakukan karena bayi yang sedang mengalami pertumbuhan dengan pesat akan membutuhkan makanan yang yang lebih banyak untuk beberapa hari. oleh karena itu susui bayi setiap 2 atau 3 jam sekali terutama jika bayi yang mendapatkan ASI yang eksklusif, ASi akan dapat dicerna dengan cepat dan juga karena lambung bayi itu kecil. Dan juga pada saat itu bayi sedang tumbuh gigi.

Oleh karena itu pastikan bayi tidur dengan perut yang sudah kenyang dan berikan ASI atau susu formula jika bayi terbangun pada jadwal menyusui.

  1. Sulit Tidur Karena Merasa Haus

Udara yang panas di malam hari akan membuat anak merasa haus pada saat sedang tertidur, tetapi hal  ini seringkali diabaikan orangtua. Jika bayi tidur dengan waktu yang lama maka bayi akan mengalami dehidrasi. Sehingga untuk menghindari hal itu terjadi maka pastikan bayi minumnya tercukupi di siang hari dan jika bayi sudah berusia 6 bulan maka jangan ragu untuk memberikannya air putih dimalam hari daripada memberikan ASI atau susu formula.

  1. Sulit Tidur Karena Merasa Kelelahan

Bayi itu membutuhkan banyak tidur dan hanya akan terbangun selama beberapa jam saja. Dimalam hari juga bayi membutuhkan waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 11 jam. Biasanya bayi akan merasa kesulitan untuk tidur ketika dirinya merasa kelelahan. Disaat merasa kelelahan dan sulit tidur itu maka biasanya bayi itu akan menjadi kesal, mengomel, sering menangis, dan juga hiperkatif. Cara mengatasinya adalah lakukan kontak sentuhan kulit yang akan membuat bayi merasa nyaman misalnya saja menyusui sambil dipeluk.

Itulah cara mengatasi anak sulit tertidur dikarenakan merasa lapar, merasa haus, dan merasa kelelahan. Jika bayi ingin tertidur dengan cepat dan terlelap maka hindarilah bayi dari mengalami ketiga faktor diatas menjelang waktu tidurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *