4 Hal Ini Bisa Membuat Vagina Menjadi Gatal-gatal Lho

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa rasa gatal dibagian intim memang kerap mengganggu kita. Bagaimana tidak, kita harus menggaruk-garuk bagian vital tersebut. Terlebih ketika sedang banyak orang, dimana kita terpaksa harus menahan rasa gatal yang menyebalkan itu. Biasanya, rasa gatal pada kemaluan wanita bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang pasti. Menurut para dokter, hal itu bisa jadi bahwa vagina mengalami infeksi. Namun untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak ulasan dibawah ini mengenai 4 hal yang bisa membuat vagina menjadi gatal-gatal.

  1. Kesalahan Saat Mencukur Bulu Kemaluan

Tak sedikit dari kita yang menginginkan kulit halus di area vagina, dengan cara mencukurnya. Namun saat bulu-bulu kemaluannya tumbuh lagi, rasa gatal pun kerap menyerang area vagina. Tentu saja hal ini, bukanlah hal yang baik bagi kita. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan bagi anda untuk memakai bikini wax.

  1. Infeksi Jamur

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas, bahwa gatal-gatal di area vagina itu bisa jadi karena infeksi. Berdasarkan hasil survei, 9 dari 10 wanita di dunia ini mengalami infeksi jamur dibagian vagina (Vagina Candidiasis). Selain merasakan gatal dan iritasi, infeksi jamur juga kerap menghasilkan cairan putih dan bertekstur kental. Mengenai cara mengobatinya, anda bisa membeli salep khusus jamur yang tersedia di apotek-apotek terdekat. Namun, alangkah baiknya lagi jika anda berkonsultasi dengan dokter, agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat lagi.

  1. Terjadi Eksim

Kondisi medis yang satu ini tidak berbeda jauh dengan infeksi jamur. Hanya saja, eksim akan menyebabkan ruam berwarna kemerah-merahan di area vagina hingga ke bagian pantat. Untuk mengatasi masalah eksim, anda bisa mengatasinya dengan berendam di air panas atau lebih baik lagi air belerang yang terdapat di pegunungan.

  1. Penyakit Kelamin

Salah satu alasan mengapa kita tidak boleh melakukan seks bebas, dikarenakan hal tersebut bisa menyebabkan penyakit kelamin berupa gatal-gatal dibagian vagina. Tak hanya rasa gatal, akan ada gejala lainnya yang muncul pada vagina seperti herpes genital, klamida, kutu, gonore, dan trikomoniasis. Yang lebih mengerikannya lagi, rasa gatal tersebut kerap berubah menjadi rasa nyeri disertai rasa panas.

Itulah 4 hal yang bisa menyebabkan vagina menjadi gatal-gatal. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu merawat daerah kewanitaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *