5 Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan salah satu cemilan favorit orang Indonesia. Biasanya olahan kacang tanah selalu direbus dan digoreng. Olahan kacang tanah pada makanan Lotek, yang sangat digemari oleh orang Indonesia, terlebih orang Jawa barat. Kandungan gizi pada kancang tanah yakni Vitamin, Mineral, dan Lemak. Tanpa banyak panjang lebar ladi, disini akan saya sampaikan 5 manfaat kacang tanah.

  1. Baik Bagi Ibu Hamil

Asam folat pada kacang tanah perlu dikonsumsi, oleh wanita yang sedang hamil, terlebih diawal awal kehamilan. Kandungan gizinya dapat menurunkan resiko cacat pada bayi saat berada didalam kandungan. Jenis kacang kacangan yang baik dan bagus dikonsumsi adalah jenis kacang merah dan kacang hijau.

  1. Mengurangi Rasa Depresi

Kacang tanah banyak mengandung asam amino dengan esensial tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dipadukan dengan coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan nyaman.

  1. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Memakan Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok selai kacang, setiap minggunya. Dapat menurunkan resiko terkena penyakit batu empedu hingga 25%.

  1. Mencegah Kanker Usus Besar

Kacang tanah juga mampu mengurani resiko kanker usus besar, terutama pada wanita. Dengan mengkonumsi 2 sendok selai kacang setiap seminggu sekali, mampu menurunkan resikonya hingga 50% pada wanita dan 27% pada pria.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi kesehatan jantung, dan menurunkan kardiovaskuler yang menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung. Untuk cara penyajiannya, dianjurkan untuk tidak menggoreng nya, melainkan dengan cara dikukus atau merebus kacang tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *