5 Tanda Anda Memiliki Asi yang Cukup untuk Bayi

ASI eksklusif hingga enam bulan dan pemberian ASI diberikan hingga maksimal dua tahun. Setelah ASI eksklusif, Anda dapat memberikan makanan tambahan dengan berbelanja murah ramadhan sale. Sebelum dapat memberikan makanan tambahan, Anda harus memastikan bahwa ASI yang diberikan kepada bayi Anda telah cukup dengan langkah berikut ini.

  • Payudara Terasa Lunak

Periksa payudara Anda setelah menyusui bayi. Kondisi payudara akan tampak penuh sebelum menyusui bayi dan akan mulai terasa lunak yang berarti ASI telah dihisap dengan baik oleh bayi. Jika setelah selesai kondisi payudara masih terasa keras berarti bayi Anda tidak menghisap ASI dengan sempurna.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, Anda harus memeriksa kondisi Anda untuk mengetahui penyebab ASI tidak diminum bayi. Sebelum memeriksanya ke dokter, Anda bisa melakukan pompa ASI ke dalam botol dan berikan kepada bayi Anda. Bisa juga dengan merangsang ASI Anda untuk keluar lebih mudah saat dihisap bayi dengan mengompresnya menggunakan air hangat.

  • Gerakan Leher Bayi

Jika bayi menghisap ASI maka akan terjadi gerakan pada bagian leher hingga dagunya. Gerakan naik turun akan kelihatan dengan jelas saat menyusuinya. Kondisi dagu bayi akan terlihat turun lebih jauh ke bawah dalam beberapa saat dan kemudian kembali lagi ke posisi awal. Rentang waktu ini menandakan kalau bayi sedang menelan ASI.

  • Berat Badan Bayi Naik

Langkah yang paling utama menjadi tolak ukur Anda dalam menilai ASI yang telah cukup pada bayi adalah berat badannya. Langkah ini mudah Anda lakukan dengan memperhatikan berat badan setiap kali dilakukan penimbangan di posyandu sekali tiga bulan. Anda juga bisa memantau kenaikannya sehingga menjadi pertimbangan besaran nutrisi yang ada di dalam ASI Anda.

Proses perhitungan berat badan juga bisa dilakukan lebih cepat dengan menimbang setiap sebelum menyusui dan setelah menyusui. Timbangan yang bisa dilakukan adalah timbangan digital karena akan lebih akurat. Timbangan ini sebentar lagi bisa Anda dapatkan dengan harga ramadhan sale pada bulan Mei mendatang.

  • Buang Air Kecil

Banyak minum ASI maka bayi akan banyak mengeluarkan air seni. Secara normal dalam sehari bayi akan mengganti popoknya minimal enam kali bahkan bisa sampai delapan kali dalam sehari dimulai dari hari kelima bayi lahir. Namun, Anda tetap harus berpatokan pada langkah pertama dan kedua.

  • BAB yang Meningkat

Pengeluaran tinja yang dilakukan oleh tubuh sesuai dengan makanan yang dicerna. Anda bisa memantau asupan ASI yang masuk ke dalam tubuh bayi dengan melihat tinjanya. Jika bayi Anda meminum ASI dengan cukup maka tinja akan berwarna kuning cerah dan lebih encer.

Normal pada umumnya bayi Anda akan mengeluarkan tinja sebanyak tiga kali sehari. Jika bayi tidak melakukannya Anda dapat memeriksakannya ke dokter secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Ramadhan sale akan berlaku di toko perlengkapan online tertentu. Tidak semua toko menyediakan promo ini. Anda bisa melihatnya di website masing-masing. Pantau produk yang Anda inginkan agar bisa langsung dibeli ketika waktu promo telah dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *