6 Fakta Negara Gabon

Gabon adalah sebuah negara di afrika barat, memiliki wilayah pantai di samudra atlantik dan melintasi khatulistiwa. Negara ini beribu kota di Libreville dan berbatasan dengan kamerun, republik kongo, dan equatorial guinea. Nama resmi negara ini adalah republik Gabon dengan bentuk pemerintahan presidensial multi partai. Dan memperoleh kemerdekaan dari perancis pada tahun 1960. Tanpa banyak panjang lebar lagi, disini akan saya sampaikan 6 fakta negara gabon.

  1. Presiden Pertama  Gabon adalah Leon mba, bersama wakil presidennya Omar Bongo Ondimba            yang kemudian menjadi presiden.
  2. Prsiden El hadj Omar bongo ondimba adalah presiden terlama. Dia memerintah  Gabon dari tahun 1967sampai dengan tahun 2009 (karena wafat).
  3. Liberville, yang berarti kota kebebasan, adalah ibu kota gabon yang didirikan tahun 1849 oleh para budak yang dimerdekakan. Kota ini di deklarasikan sebai ibu kota gabon pada tahun 1993.
  4. Puncak Tertinggi di Gabon adalah gunung iboundji, yang memiliki tinggi mencapai 1,575 meter diatas permukaan laut.
  5. Ogooue adalah danau terbesar dan terpanjang di Gabon, dengan sejauh 1200 km.

6. Taman nasioanal Mayumba adalah salah satu situs yang paling penting didunia karena kura kuranya. Sekarang spesies tersebut dalam ancaman kepunahan, dan taman ini dibuat untuk menjaga habitat kura kura tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *