Banyak Tikus Di Rumah? Mungkin Ini Penyebabnya!

5 Hewan Mamalia Kecil yang Mirip Tikus, Serupa tapi Tak Sama

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang sering ditemui di rumah-rumah, terutama bagian dapur. Keberadaan hewan hama ini, tentunya sangat mengganggu dan juga merugikan, karena selain sering mengambil makanan, mengotori ruangan, merusak barang, tikus juga membawa penyakit yang serius. Tentunya, apabila terdapat tikus di rumah, anda harus segera mencari cara mengusir tikus supaya tidak berkembang biak di rumah. Salah satu cara umum yang dapat dilakukan dengan memasang lem tikus, walaupun sebenarnya lem perangkap tikus tidak terlalu ampuh menangkap tikus. Oleh sebab itu, anda harus mencari tahu penyebab yang dapat membuat tikus tertarik masuk ke rumah. Karena dengan mengetahui penyebab tersebut, anda dapat meminimalisir masuknya tikus ke dalam rumah. Berikut ini kami rangkum beberapa penyebab kenapa tikus selalu masuk ke dalam rumah, terutama dapur.

  • Lubang

Lubang merupakan salah satu penyebab terbesar tikus bisa masuk ke dalam rumah anda.Tubuh tikus sangat fleksibel, oleh karena itu apabila ada lubang kecil, tikus tetap bisa masuk. Termasuk celah lubang di sekitar pipa atau saluran kabel listrik dapat dimasuki tikus dengan mudah. Supaya tikus tidak masuk lagi ke dalam lubang, gunakan lah dempul, seperti baja, atau apa pun yang bisa digunakan untuk menutup lubang dan retakan yang ada di rumah anda. Pastikan bahan yang menutupi lubang tidak terbuat dari bahan yang dapat dengan mudah dikunyah atau digunakan oleh tikus sebagai bahan sarang yang lembut dan nyaman.

  • Dapur berantakan

Dapur yang berantakan menjadi penyebab utama, mengapa tikus sekalu berada di dapur. Karena dapur sendiri merupakan ruangan untuk menyimpan makanan, yang mana menjadi incaran tikus. Apalagi dapur yang masih berantakan, seperti sisa-sisa makanan yang masih berserakan seperti tumpahan beras atau bumbu-bumbu dapur, sudah pasti mengundang tikus untuk masuk. Dan juga, apabila meninggalkan piring kotor di wastafel dengan sedikit makanan di atasnya tentu dapat menjadi tempat yang menarik bagi tikus.

  • Bahan makanan

Walaupun tikus tidak akan masuk ke dalam kulkas, tetapi apabila anda menyimpan bahan makanan lainnya di luar, seperti tepung, gula atau makanan di kotak karton, tentunya akan menjadi hal yang menarik untuk tikus. Oleh karena itu, simpanlah bahan makanan di wadah kaca atau plastic yang kedap udara.

  • Sarang

Selain makanan yang menjadi penyebab lainnya tikus tertarik masuk ke rumah, yaitu membuat sarang. Karena bahan-bahan yang dijadikan sarang oleh tikus banyak ditemukan di rumah, terutama di gudang, contohnya seperti kapas, koran bekas, kardus, dan tempat-tempat kotor lainnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, anda harus rajin membersihkan tempat, dan memilah-milih barang apa saja yang tidak dipakai lagi, jangan menimbun barang, karena itu sangat menarik perhatian tikus untuk membuat sarangnya di sana.

  • Area berantakan

Tikus biasanya tidak akan pernah datang sendiri, mereka selalu bergerombol datang dan sembunyi di mana pun mereka berada. Sama seperti manusia yang membutuhkan tempat yang nyaman dan hangat untuk berlindung, tikus pun melakukan hal yang sama. Salah satu tempat berlindung tikus yaitu, area yang berantakan seperti gudang. Apabila di gudang banyak barang-barang bekas, puing-puing barang, tentu akan menjadi spot favorit tikus. Agar hal tersebut tidak terjadi, anda harus rajin bersih-bersih, supaya tidak ada lagi area berantakan yang menjadi tempat sembunyi tikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *