Ciri-Ciri Terkena Penyakit Stroke Di Usia Muda


Stroke merupakan salah satu masalah pada kesehatan yang sangat berbahaya karena penyakit stroke dapat membuat penderitanya mengalami kelumpuhan. Menurut kumparan,  stroke sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke merupakan masalah pada kesehatan yang serius dan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mata. Oleh karena itu semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil bahkan bisa dihindari. Maka dari itu kita sangat diwajibkan untuk mengetahui dan memahami tentang penyakit stroke ini.

Mendeteksi stroke sejak dini merupakan salah satu rasa peduli kita terhadap kesehatan tubuh kita sendiri, karena stroke saat ini bisa menyerang siapa saja walaupun memang stroke lebih dikenal dapat menyerang mereka yang berusia lanjut. Ternyata stroke juga dapat menyerang kita yang masih berusia muda hal ini dikarenakan kita kurang menjaga kesehatan dan gaya hidup yang kurang sehat oleh karena itu penyakit sangat mudah menyerang tubuh seperti penyakit stroke. Stroke ini bersifat kronis dan dapat dengan cepat melumpuhkan, maka jika seseorang terkena stroke harus segera ditangani. Apabila kita mengalami penyakit stroke diusia yang masih muda, maka hal tersebut bisa menandakan bahwa kita memiliki gaya hidup yang kurang sehat, memang bukan hal yang aneh lagi di jaman seperti sekarang ini banyak sekali aktivitas-aktivitas serta makanan yang dapat merusak kesehatan kita, untuk kita harus berhati-hati dan menjaga kesehatan dengan baik.

Penyakit stroke memiliki dua tingkatan yaitu stroke ringan dan stroke berat, jika stroke berat pastinya semua orang juga tahu bahwa stroke dalam tingkatan yang berat akan membuat menderita mengalami kelumpuhan pada bagian tubuhnya. Stroke ini merupakan salah satu gangguan penyakit yang paling sering terjadi pada orang yang lanjut usia, namun tidak tertutup kemungkinan dapat terjadi pada orang yang berusia muda. Stroke ini juga bisa terjadi akibat komplikasi penyakit seperti penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal, jantung dan asam urat. Namun, hal yang menakutkan dari penyakit ini adalah gejala yang tidak mudah dikenali, seseorang bisa saja terjatuh ketika terkena serangan stroke pertama dan sama sekali tidak pernah mengalami gejala. Ada beberapa ciri penyakit stroke ringan yang harus anda waspadai, karena berawal dari stroke ringan bisa berdampak pada stroke yang berat. Berikut beberapa ciri stroke ringan di usia muda, yaitu :

– Bagian wajah menurun.

– Perubahan emosi.

– Sulit memahami pembicaraan orang lain.

– Pusing mendadak.

– kebingungan.

– Kaki lemah.

– Kehilangan koordinasi.

– Kehilangan kemampuan komunikasi.

– Mati rasa.

– Lengan atau kaki terasa lemah.

– Gangguan penglihatan.

– Nyeri leher.

– Ditemukan bercak darah di mata.

– Nyeri dada kiri dan kanan.

– Jantung berdebar-debar.

Dengan mengenali beberapa ciri stroke ringan di usia muda seperti diatas dapat meringankan risiko stroke yang lebih berat. Apabila kita mengalami atau merasakan salah satu ciri di atas maka sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi langsung apakah terjadi sesuatu pada kesehatan kita, karena dengan itu kita dapat mengetahui masalah kesehatan pada tubuh. Namun, hal yang seperti ini sering diabaikan oleh anak muda jaman sekarang mereka terlalu asik dengan gaya hidup yang mereka jalani walaupun gaya hidup yang mereka lakukan tidak baik dan tidak sehat, tapi jika penyakit sudah menyerang mereka baru sadar bahwa pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Penyakit stroke ini bukanlah penyakit yang sepele karena apabila stroke sudah menyerang tubuh maka membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh dan kembali normal lagi. Penanganan untuk penderita stroke biasanya dilakukan dengan melakukan terapi seperti terapi fisik yang dilakukan untuk memancing sistem kerja otot agar pulih kembali. Selain dengan terapi kita juga membutuhkan nutrisi yang cukup dalam tubuh hal ini agar nutrisi dalam tubuh kita seimbang, untuk itu rutinlah makan makanan seperti buah dan sayuran segar.

Usia muda merupakan usia yang harus kita nikmati, karena jika di usia muda kita sudah mengalami stroke maka akibatnya akan membuat hidup kita menjadi tidak menyenangkan karena stroke yang sudah memasuki tahap yang parah akan membuat tubuh kita mengalami kelumpuhan dan bahkan jika tidak tangani dengan baik akan menyebabkan kematian. Maka hindari gaya hidup yang tidak sehat dan atur pola makan dengan baik agar resiko terkena stroke bisa kita hindari. Menggunakan cara alami untuk mengatasi stroke memang sangat efektif karena pada dasarnya bahan yang alami minim efek samping, maka ada baiknya kita menggunakan obat stroke yang alami untuk menghindari komplikasi yang berbahaya pada tubuh dibandingkan menggunakan obat-obatan berbahan kimia yang sangat rentan menimbulkan efek samping. Orang-orang yang merokok, kurang olahraga, dan memiliki pola makan yang buruk rentan terhadap stoke. Di usia yang masih muda cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat karena dengan itu kita bisa mengurangi risiko stroke, jangan biarkan masa muda anda digerogoti dengan penyakit stroke. Stroke dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat sejak dini.

Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *