Ini Dia Beberapa Alasan Susu Kental Manis Tidak Sehat Dikonsumsi Dalam Jumlah Banyak

image_title

Susu dikenal oleh banyak orang itu mengandung banyak kalsium sehingga dapat menguatkan tulang. Tetapi tidak hanya itu saja kebutuhan gizi seseorang juga akan dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi susu ini karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Produk susu ini hadir dipasaran dalam beragam varian mulai dari susu bubuk, cair, hingga yang kental manis. Susu kental manis atau SKM merupakan salah satu produk susu yang cukup populer dan banyak digemari. Hal yang membuat SKM ini banyak digemari adalah karena praktis didalam proses penyajiaannya. Cara penyajiannya itu adalah susu tinggal dituangkan kedalam gelas lalu dicampur dengan air panas atau dingin lalu jadilah segelas susu yang nikmat.

Lalu apakah susu kental manis sehat untuk dikonsumsi? Menurut Annisa Rizki Amalia selaku dokter spesialis gigi anak mengatakan jika susu kental manis ini tidak sehat untuk dikonsumsi terlebih dalam jumlah banyak. Berikut beberapa alasan susu kental manis tidak sehat dikonsumsi dalam jumlah banyak diantaranya yaitu :

  • SKM Tidak Mengandung Nutrisi

Dokter Annisa mengatakan jika SKM ini muncul pada masa colonial. Pada saat itu orang mencari sumber makanan yang tidak mudah kadaluarsa. Oleh sebab itulah dibuat SKM yang terbuat dari susu sapi murni yang dikentalkan lalu ditambahkan dengan gula. Meski SKM ini terbuat dari susu sapi murni tetapi tidak ada kandungan nutrisi susu sapi didalamnya. SKM ini mengalami penurunan nutrisi pada hasil akhirnya karena banyaknya proses yang harus dilalui oleh produk tersebut.

  • SKM Mengandung Gula Yang Tinggi

Diperlukannya gula didalam proses pembuatan SKM dengan tujuan agar susu teksturnya nanti tidak kental dan lengket. Jika susu kental manis ini dikonsumsi maka nantinya akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada gigi dan juga mulut. Annisa mengatakan gula yang menempel pada gigi itu akan berubah menjadi asam. Selain itu akan ada bakteri didalam mulut akan melakukan proses penguraian. Asam pada gigi ini akan merusak lapisan enamel gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Itulah beberapa alasan susu kental manis tidak sehat dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu masih ada alasan lainnya yaitu SKM ini tidak diperuntukkan bagi anak anak. Hal ini dikarenakan susu kental manis kandungan kalsium dan Vitamin D nya masih jauh dibawah susu sapi murni. Sehingga tidak akan bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan Vitamin D pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *