Ini Dia Beberapa Manfaat Yang Bisa Kita Peroleh Dari Melakukan Puasa

manfaat puasa untuk menurunkan kolesterol

Umat muslim pastinya akan menyambut dengan gembira bulan suci Ramadhan yang dalam hitungan beberapa hari lagi akan segera datang. Di bulan Ramadhan ini kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Melakukan puasa dibulan Ramadhan selain merupakan kewajiban tetapi manfaat puasa bagi kesehatan tubuh seseorang yang menjalankannya juga banyak. Akan terjadinya proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh manusia selama melakukan puasa. Terlebih jika kita melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Tetapi selain itu melakukan puasa senin dan kamis juga akan dapat memberikan manfaat yang sama.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari melakukan puasa diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mencegah Diabetes

Kadar gula dan kolesterol yang tinggi didalam tubuh akan dapat menyebabkan diabetes. Dengan melalukan ibadah puasa maka diri akan terkontol dari mengkonsumsi gula dan makanan yang berlemak secara berlebihan. Yang pada akhirnya hal ini akan dapat mencegah dari terkena diabetes dan juga penyakita turunannya.

  1. Dapat Menyerap Banyak Nutrisi

Pada saat berpuasa metabolisme didalam tubuh akan lebih efesien. Jika metabolisme ini efesien maka akan semakin besarnya jumlah nutrisi yang akan diserap dari makanan. Hal ini terjadi karena hormon adiponectin yang diproduksi oleh perpaduan antara puasa dan sahur itu meningkat. Sehingga penyerapan nutrisi kemungkinannya lebih banyak.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan didalam tubuh akan meningkat pada saat melakukan puasa. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa itu limfosit akan mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat sehingga akan berpengaruh sangat besar dan baik terhadap kekebalan didalam tubuh. Berbagai virus akan dapat dihindari ketika melakukan puasa.

  1. Dapat Mengatasi Sakit Sendi Atau Encok

Sel penetral alami didalam tubuh akan dapat meningkat jika melakukan puasa, sehingga hal ini akan membuat sakit encok sedikit demi sedikit akan sembuh. Ini terjadi karena adanya korelasi antara kemampuan sel penetral atau pembasmi bakteri yang meningkat dengan radang sendi yang membaik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari melakukan puasa. Selain itu masih ada manfaat yang lainnya seperti dapat meningkatkan kemampuan otak, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, dapat menurunkan kadar kolesterol, dapat berpikir lebih tajam dan kreatif, dapat mengurangi berat badan, dapat mengurangi kebiasaan buruk, dan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *