Ini Dia Ciri Ciri Asam Urat Yang Mudah Dikenali

penyakit asam urat lebih sering menyerang laki-laki

Asam urat merupakan sebuah kondisi dimana didalam tubuh terjadinya penumpukan asam urat. Biasanya asam urat akan menyerang orang yang sudah lanjut usia, tetapi sekarang asam urat ini juga banyak menyerang orang dewasa dan orang yang sudah memasuki usia pertengahan. Asam urat yang menumpuk tersebut akan menyebabkan beberapa gejala ketidaknyamanan. Sejak awal memang perlu diperhatikannya dengan penuh gejala asam urat. Karena jika asam urat tidak segera diatasi maka akan menyebabkan asam urat yang akut. Untuk mengetahui apakah kita terserang asam urat atau tidak maka adanya ciri ciri yang mudah dikenali.

Berikut ciri ciri asam urat yang mudah dikenali diantaranya yaitu :

  1. Sendi Kaki Nyeri

Ciri awal yang sering terjadi jika telah terjadinya asam urat adalah bagian sendi merasa nyeri. Beberapa orang akan mengeluhkan tentang sendinya yang tiba tiba terasa panas dan pada saat digerakkan akan lemah. Rasa nyeri ini biasanya akan muncul dimalam hari.

  1. Jempol Kaki Terasa Nyeri

Biasanya jempol kaki merasa nyeri ini akan terjadi dimalam hari. Hal ini terkadang akan membuat penderitanya tidak bisa tidur, jempol kakinya tidak bisa digerakkan, mudah emosi, dan tubuh akan merasa lemah.

  1. Perasaan Kaki Terbakar

Pada saat kadar asam urat didalam darah terlalu tinggi maka kaki akan merasa seperti terasa panas tiba tiba. Rasa panas ini akan terjadi mulai dari bagian jempol kaki kemudian akan menyebar keseluruh bagian.

  1. Jaringan Mengeras Pada Sendi

Selain akan merasa nyeri tetapi sendi juga akan terasa lebih kaku dan sulit untuk digerakkan. Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak mendapat pengobatan yang tepat maka akan dapat menyebabkan sendi mati rasa dan akan berpotensi tinggi mengalami kelumpuhan.

  1. Persendian Membengkak

Terjadinya penumpukan asam urat pada bagian sendi maka akan menyebabkan persendian membengkak. Tetapi gejala sendi yang membengkak ini biasanya akan terjadi setelah sering terjadinya serangan asam urat.

Itulah ciri ciri asam urat yang mudah dikenali. Dengan telah mengetahui ciri cirinya dari awal maka kita bisa segera melakukan pengobatan sehingga kemungkinan buruk yang akan terjadi dapat dihindari. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas jika asam urat yang dialami tidak segera diatasi maka akan kemungkinannya akan terjadinya asam urat akut atau bahkan kelumpuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *