Inilah 4 Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Manusia

Ginjal merupakan salah satu organ ekskresi dalam tubuh manusia, yang terletak di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, atau yang lebih tepatnya lagi berada dibagian bawah organ limpa dan organ hati. Pada dasarnya, kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa ginjal berfungsi sebagai penyaring darah saja. Ya, itu memang fungsi ginjal.

Namun, itu hanya salah satu dari fungsinya saja. Dengan kata lain, masih banyak lagi fungsi-fungsi dari ginjal yang belum diketahui publik. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak ulasannya di bawah ini mengenai 4 fungsi ginjal bagi tubuh manusia.

  1. Dapat Membentuk Urine

Menurut para ahli bedah terkemuka, ginjal memiliki peranan penting dalam proses pembentukan urine. Secara umum, urine itu terdiri dari urea, air, dan amonia, yang mengandung unsur zat senyawa yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh manusia. Dengan demikian, urine pun akan dikeluarkan melalui alat vital. Mengingat ginjal sebagai alat ekskresi bagi tubuh manusia, maka sangat penting bagi kita untuk memelihara kesehatan ginjal.

  1. Dapat Mengatur Tekanan Darah

Terdapat dua hormon yang akan dihasilkan dari ginjal, yakni renin dan angiotensin yang berfungsi untuk mengatur tingkat kontraksi pembuluh darah didalam tubuh manusia. Nah, hal itulah yang memicu kedua hormon tersebut untuk mengatur tekanan darah. Apabila ginjalnya berfungsi dengan baik, tentu saja kita akan terhindar dari penyalit darah tinggi.

  1. Dapat Memelihara Kesehatan Tulang

Banyak yang menganggap bahwa ginjal sama sekali tidak ada kaintannya dengan kesehatan tulang. Berdasarkan dari hasil penelitian, ginjal ini turut andil dalam memproduksi zat besi dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tulang manusia.

  1. Dapat Menjaga Volume Cairan Dalam Tubuh

Seperti yang kita ketahui, bahwa tubuh manusia itu 80 % komposisinya adalah air. Apabila tubuh kita kekurangan cairan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Begitupun sebaliknya, jika tubuh kita kelebihan cairan, maka akan berdampak buruk juga bagi kesehatan. Namun, kehadiran ginjal dapat membuat proses osmoregulasi, yakni membuang cairan yang berlebihan dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Demikianlah ulasan mengenai 4 fungsi ginjal bagi tubuh manusia. Mengingat keterbatasan waktu yang tersedia, dengan terpaksa kita akhiri dulu perjumpaannya sampai di sini saja, dan semoga ulasan diatas tadi bermanfaat bagi kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *