Membedakan Antara Lantai Kayu Parket Dengan Lantai Kayu Sintetis

Secara kasap mata, kita akan sangat sulit membedakan antara lantai kayu murah parket dengan lantai kayu sintetis (vinyl). Kedua jenis lantai ini memang memiliki tingkat kemiripan yang tinggi. mulai dari warna hingga coraknya benar-benar sama, padalah dari bahan dasarnya kedua jenis lantai ini sangatlah berbeda. Lantai parket terbuat dari kayu asli sedangkan vinyl terbuat dari bahan sintetis semacam PVC.

Meskipun secara bentuk hampir sama, namun ada beberapa hal yang bisa kita gunakan untuk membedakan kedua jenis lantai ini. Berikut perbedaan-perbedaanya.

Lantai Kayu Asli (Parket) :

Lantai parket merupakan lantai yang terbuat dari kayu yang disusun sedemikan rupa dari potongan kayu yang telah dibentuk. Di pasaran setidaknya ada 3 jenis parket yang dijual.

 

  • Liminate Parket

 

Liminate parket merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari kumpulan serbuk kayu yang di campur dengan bahan perekat. Pembuatan liminate parket ini akan setelah serbuk kayu dicampur dengan perekat, selanjutnya akan di press menggunakan mesin hot press baru setelah itu di lapisi dengan veneer dan terbentuklah liminate parket.

 

  • Solid Parket

 

Solid parket ini memiliki kualitas yang paling bagus diantara jenis parket lainnya. Namun harganya juga yang sedikit mahal. Solid parket ini terbuat dari kayu solid atau asli yang di oleh hingga membentuk kayu jadi yang berukuraan bermacam-macam. Biasanya jenis kayu yang digunakan untuk solid parket ini adalah kayu jati, kayu sono keeling, merbau dan lain sebagainya.

 

  • Engineering Parket

 

Engineering parket terbuat dari jenis kayu solid atau asli namun memiliki kualitas rendah tidak sebagus kualitas yang digunakan oleh solid parket.

Lantai Kayu Vinyl :

Lantai kayu vinyl terbuat dari bahan sintetis yaitu berupa campuran bahan kimia. Dibutuhkan teknik tertentu untuk membentuk vinyln. Secara umum vinyl tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk lantai saja tapi berbagai macam kebutuhan lainnya juga bisa menggunakan jenis vinyl ini.

Dan biasanya vinyl yang khusus untuk lantai terbuat dari bahan semacam PVC, lantai vinyl ini banyak sekali yang bercorak layaknya lantai kayu asli. Sehingga hal inilah yang mungkin menyebabkan bahwa vinyl merupakan produk alternatif pengganti lantai kayu asli yang memiliki harga mahal.

Secara kasap mata memang sedikit susah membedakan kedua jenis lantai kayu ini. Namun ketika kita akan membeli nantinya kita akan dikasih tahu mana yang asli dan sintetis. Sehingga anda tidak usah khawatir ketika akan membeli nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *