Memilih Bengkel Motor Resmi atau Non Resmi

Untuk lebih memudahkan akses transportasi, pastilah kita memakai kendaraan baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.  Kebanyakan orang Indonesia mempunyai kendaraan pribadi ber roda dua, atau Sepeda Motor. Disamping karena harga nya yang lebih murah sepeda motor  juga  mampu menghindari macet . Buat kamu yang mempunyai sepeda motor seberapa sering kah melakukan perawatan ataupun perbaikan motor kesayangan kamu? Apakah di servis di bengkel motor resmi atau di servis di  bengkel motor biasa yang non resmi dari pabrik ?. Artikel ini akan membahas keduanya .

Hasil gambar untuk site:yamaha-motor.co.id bengkel

Bengkel Non Resmi

Bengkel motor ini mudah ditemukan dimana-mana, bahkan menjamur sampai kedalaman desa pun ada. Mulai dari ukurannya kecil hingga besar. Nah, bengkel umum atau non resmi biasanya milik perseorangan bukan dari bagian perusahaan, Di bengkel motor ini nggak Cuma melayani jasa perbaikan dan perawatan satu merek motor saja, disini setiap motor dilayani tanpa pandang merek .

Tetapi bedanya dengan bengkel motor tentu suku cadang atau spare part yang dipakai gak selamanya asli. Jadi mempunyai alasan mengapa perawatan di bengkel umum itu lebih murag atau terjangkau daripada di bengkel resmi. Peralatan yang yang digunakan di bengkel umum itu biasanya  pun standar apa adanya, dan montir atau mekanik nya pun tidak memakai seragam, Keunggulan dari  bengkel motor Tidak resmi adalah keramahan dan jam operasional nya yang lebih lama dibandingkan bengkel motor yang resmi

Bengkel motor resmi

Bisa dilihat dari luar bangunan. Bengkel motor resmi  biasanya memiliki gedung yang lebih luas dan diberi nama sesuai pabriknya.  Misalnya bengkel resmi YAMAHA dan lain lain. Selain itu mekanik aau ontir di bengkel motor resmi biasanya dilengkapi dengan seragam sesuai dengan aturan perusahaan. Ruang tunggu yang memang dibuat nyaman untuk pelayanan konsumen, yang bisa menjadi daya tarik untuk  konsumen memilih untuk servis di Bengkel motor resmi.

Mekanik yang memang benar benara terlatih karena harus melalui tes secara skill teknisi dan pengetahuan, sebelum bisa bekerha di bengkel motor resmi. Memakai standar SOP dalam melakukan pekerjaannya. Namun operasional waktunya terbatas seperti hari kerja mulai pukul 08.00- 17.00 WIB. Benkel resmi selalu menggunakan suku cadang asli dan mengikuti teknologi yang ada.

Kapan Seharusnya Motor Dibawa Ke Bengkel

Selain dalam keadaan benar-benar mati atau rusak berat, sebaiknya rutin membawa motor ke bengkel motor. Biar kendaraan yang kita pakai selalu dalam keadaan prima. Serta merawat nya dengan rutin jika semakin lama tidak di service malah semakin banyak pengeluaran. Nah jika motor sudah mengalami hal hal dibawah ini, Motor wajib dan harus segera dibawa ke bengkel motor untuk servis.

  • Mesin mendadak mati dan sulit untuk dinayalakan. Jika mesin susah untuk dihidupkan dan sering mati sendiri ketika sedang berkendaraa, sebaiknya dibawa ke bengkel
  • Bawa kendaraan bermotor mu ke bengkel motor jika KM sudah menunjukan angka 2000. Jangan tunggu sampai rusak, segera check up dan service motor mu di bengkel motor
  • Tarikan berat serta BBM yang semakin boros. Sebaiknya segerda dibawa ke bengkel motor supaya di setting ulang lagi oleh mekanik.

Jadi bagai mana anda memilih bengkel motor yang resmi ataupun bengkel motor umum. Semua pilihan ada di kamu. Jika ingin lebih tertata dan terjamin spare part nya bisa ke bengkel resmi. Jika ingin murah kamu bisa memilih bengkel umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *