Mengenal Jenis Jeruk Yang Populer di Dunia 2021

            Jeruk adalah jenis buah-buahan yang termasuk dalam  anggota  Citrus dari kelompok Rutaceae. Buah yang terkenal memiliki rasa asam ini sangat digemari orang-orang tidak hanya di Indonesia saja. Tapi juga seluruh Dunia menyukainya. Rasa asam jeruk berasal dari kandungan asam sitrat yang terkandung dari buah Jeruk.

            Berikut adalah beberapa jenis jeruk yang sedang diminati di belahan dunia saat ini, apa saja itu?

  • Jeruk Rex Onion

Jeruk ini tumbuh di wilayah Barat Laut  Afrika Selatan. Rex Onion adalah hasil dari kawin silang antara jeruk bali dan jeruk asam Sevilla. Jeruk ini memiliki  kulit yang halus berwarna kemerah tuaan . Daging dari jeruk ini sangat berair dan memiliki rasa yang lumayan asam, di negara asalnya Rex Union secara tradisional digunakan untuk produksi selai jeruk.

  • Arancia del Gargano

Jeruk yang memiliki bau harum yang khas ini berasal dari semenanjung Gargano di Apulia, satu-satunya daerah penghasil jeruk di pantai Adriatik Italia. Apulla dikenal dengan pemandangan kebun jeruk dan lemon yang indah. Jeruk Gargano dikenal tangguh, buah itu tetap berair berminggu-minggu setelah dipanen.

  • Portokalia Maleme Chanion Kritis

Jeruk varietas Washington Navel ini dibudidayakan di daerah pesisir prefektur Chania di pulau Kreta, Yunani. Buah ini dipanen mulai dari pertengahan Desember hingga pertengahan Mei. Jeruk ini  sangat berair dan beraroma serta memiliki aroma yang kuat.

Menurut literatur Yunani, buah ini berasal dari Taman Esperides yang jauh dari peradaban manusia.

  • Jeruk Ribera

Buah ini tumbuh di di tepi sungai Verdura, Provinsi Agrigento Italia. Arancia di Ribera mudah dikenali dari pusar bagian dalamnya yang lebih menonjol dari varietas jeruk lainnya. Jeruk Ribera sering digunakan untuk membuat jus dan bahan pelengkap pada kuliner khas Italia, seperti risotto dengan kerang, salmon jeruk asin, ikan cod carpaccio, sosis saus jeruk, bebek l’orange dengan couscous Trapanese hingga Aranzada.

  • Jeruk Merah Sisilia

Dikenal sebagai “Jeruk Berdarah dari Sisilia”, jeruk merah Sisilia dikembangkan di tanah subur yang berada di kaki gunung Etna. Selama masa pembuahan, jeruk ini menghasilkan pigmen berwarna merah tua yang disebabkan oleh adanya senyawa anthocyanin yang memberikan warna khas pada jeruk ini.

  • Jeruk Jaffa

Jeruk ini awalnya dikembangkan oleh para petani di jazirah Arab pada abad ke-19 di Jaffa, sebuah kota pelabuhan di daerah Palestina saat itu. Jeruk Jaffa dalah pengembangan dari varietas jeruk Israel yang umum ditemukan di Timur Tengah dan Kawasan Mediterania.  Buah ini memliki bentuk lonjong dengan kulit tebal yang mengelilingi daging buahnya yang manis dan agak berair. Jeruk ini hanya mengandung sedikit biji dan sangat dikenal kulitnya yang keras namun mudah dikupas, sehingga membuat buahnya tahan lama.

  • Jeruk Florida

Kota Florida, Amerika Serikat Sangat terkenal akan produksi jeruknya yang besar. Daerah itu mulai dikenal sebagai produsen jeruk sejak pertengahan abad  ke-19. Jeruk Florida mengandung vitamin dan mineral yang bagus saat melakukan diet. Buah ini dikenal memiliki rasa yang manis dan segar.

            Itulah  buah jeruk yang populer di seluruh dunia. Sampai saat ini buah jeruk sangat dinikmati oleh semua kalangan. Selain itu jeruk tersedia di mana mana, dari pedagang pinggir jalan hingga pasar swalayan.

            Untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan terutama jeruk, TaniHub hadir sebagai produsen buah-buahan, sayur-mayur dan berbagai macam kebutuhan dapur lainnya menjadi pilihan tepat bagi anda. Kualitas produk yang ditawarkan TaniHub tidak perlu diragukan lagi karena TaniHub bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya.

Apalagi saat ini banyak promo promo untuk berbagai produk yang ditawarkan. Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone anda serta ikuti perkembangan informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

SUMBER

https://www.tasteatlas.com/most-popular-oranges-in-the-world
https://id.wikipedia.org/wiki/Jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *