Pengertian Sakit Kepala Bagian Kiri dan Tips Cara Mengobatinya

Fenomena sakit kepala memang tidak memandang bulu dalam mencari mangsanya. Ya, tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga tak luput dari serangan sakit kepala. Tentu saja sakit kepala ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Berbicara soal sakit kepala, polemik ini kerap menyerang kepala bagian kanan, kiri, tengah, bahkan semuanya. Adapun mengenai Sakit kepala sebelah kiri yang dikategorikan sebagai karena migrain, sinusitis, sakit kepala yang menegang, dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang penyebabnya, mari sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Kiri (Migrain)

Berdasarkan dari hasil penelitian, migrain ini disebabkan karena ada penyempitan dan pelebaran pembuluh darah di bagian otak, sehingga kepala akan terasa sakit yang berdenyut-denyut. Selain menyerang kepala bagian kiri, migrain ini juga kerap menyerang kepala bagian kanan. Mengenai gejalanya, para penderita migrain akan mengalami mual, muntah, hingga penglihatan yang mulai kabur. Tak hanya itu, migrain juga bisa disebabkan karena kilauan cahaya, suara, bebauan, stress, konsumsi alkohol, dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

Cara Mengobati Sakit Kepala Bagian Kiri

Pada dasarnya tidak ada satu pun obat yang direkomendasikan untuk mengobati sakit kepala bagian kiri ini. namun, ada beberapa jenis obat dari dokter yang dapat meredakan rasa sakitnya. Ya, obat-obat tersebut diantaranya adalah sandostatin, DHE 45, sumatriptan, dan sebagainya. Selain itu, ada berbagai cara alami dalam mengobati migrain seperti di bawah ini :

  1. Cukupi Waktu Tidur Anda

Rasa lelah setelah bergelut dengan kesibukan rutinitas merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa sakit kepala di bagian kiri. Maka dari itu, cukupilah waktu tidur anda agar rasa sakitnya segera mereda.

  1. Relaksasi

Migrain juga di sebabkan karena otot-otot di bagian kepala dalam keadaan tegang. Dengan demikian, tak heran jika relaksasi ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi rasa sakit kepala. Cara relaksasi ini bisa anda lakukan dengan gerakan yoga.

  1. Jauhi Penyebabnya

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan tadi bahwa migrain dikarenakan faktor minuman alkohol, kilauan cahaya, suara berisik, dan sebagainya. Jika anda sering mengalami migrain dengan hal itu, maka hindarilah penyebab-penyebab tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *