Perhatikan Hal-Hal Ini Ketika Hendak Makan Dan Sesudahnya. Salah Satunya Baca Doa Sesudah Makan

Doa dan Amalan untuk Meluluhkan Hati yang Keras

Kenikmatan atas sebuah makanan yang telah dikonsumsi tergantung pada banyak hal mulai dari kondisi hati, pikiran, mood, selera makan, hidangan, dan tentunya perasaan lapar atau tidak. Apabila semua faktor tersebut mendukung, sudah tentu ketika makan kita akan merasakan nikmatnya menyantap hidangan apapun yang tersaji didepan kita.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita makan, yaitu :

  • Tidak Berpikiran Negatif Atas Makanan Yang Ada Didepan Mata

Jangan pernah kita berpikiran negatif atas makanan  yang tersaji didepan mata tanpa merasakan sensasi dan rasanya terlebih dahulu. Kita tidak akan tahu apakah makanan tersebut enak atau tidaknya jika tidak mencicipinya terlebih dahulu.

Namun, jika kita terlanjur berpikiran negatif terhadap suatu makanan, sudah tentu makanan tersebut tidak akan memiliki rasa yang nikmat ketika disantap.

  • Berpikir Positif Atas Segala Sesuatu Termasuk Makanan Perlu Ditumbuh Kembangkan Sejak Dini

Berpikir positif atas segala sesuatu termasuk makanan yang tersaji didepan mata perlu ditumbuh kembangkan sejak usia dini. Bagi Anda yang saat ini telah menjadi orang tua, maka sudah seharusnya untuk mengajarkan hal ini kepada putra-putri tercinta Anda. Sebab, dengan selalu berpikir positif maka akan membuat anak-anak dan kita menjadi lebih berani untuk mencoba.

  • Mengajarkan Anak Berdoa Sebelum Dan Sesudah Makan

Selain mengajarkan anak untuk senantiasa berpikir positif ketika makan, penting juga untuk Anda untuk mengajarkan sang buah hati berdoa sebelum dan sesudah makan. Sebab membaca doa sesudah makan merupakan threatment untuk mengajarkan anak selalu positife thingking dan bersyukur atas rizky yang Allah SWT berikan.

  • Doa Sesudah Makan

Adapun doa sesudah makan yang dapat diajarkan pada anak, adalah seperti ini :

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Tujuan membaca doa sesudah makan adalah untuk meningkatkan rasa syukur kita atas semua rezeki yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua, terutama rezeki makanan.

Dalam sebuah hadis riwayat HR. Ahmad Abu Dawud dan Tirmidzi terdapat sebuah amalan doa yang sering dibaca Rasulullah SAW ketika selesai makan. Adapun bacaan doa sesudah makan tersebut adalah sebagai berikut :

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Sebagai umat Muslim, sangat penting untuk kita senantiasa mengikuti jejak dan nasihat Rasulullah SAW. Tentu dibalik jejak dan nasihat Rasulullah SAW yang diamalkan terdapat hikmah, keutamaan, serta manfaat yang akan kita peroleh yang jarang kita sadari.

Termasuk ketika kita mengamalkan doa sesudah makan yang satu ini, terdapat banyak manfaat yang dirasakan. Salah satu manfaat utama dari mengamalkan doa sesudah makan adalah memperoleh pahala sunnah. Adab atau etika baik yang telah diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya dalam sebuah hadits, Insya Allah ketika kita senantiasa mengamalkannya, kita senantiasa akan memperoleh pahal sunnah Nabi Muhammad SAW serta syafaat beliau di hari akhir kelak. Amin Amin Allahumma Amin.

Selain itu, Anda yang berkenan mendidik putra putrinya untuk dapat meniru adab baik Rasulullah SAW, sehingga diharapkan kelak si kecil akan menjadi anak yang soleh dan solehah. Insya Allah Anda juga akan memperoleh tambahan pahala yang tidak pernah putus yaitu doa dari anak yang soleh solehah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *