Tips Mudah Melatih Kemandirian Anak-anak Usia Sekolah TK dan SD

Hasil gambar untuk doremi.id anak sekolah

Kemandirian anak sebenarnya harus dilatih sejak usia dini, terutama saat mereka menginjak periode emasnya. Anak yang mandiri cenderung tidak cengeng dan bisa menjadi teman yang baik bagi anak-anak seusianya. Selain itu, sifat kemandirian ini berhubungan erat dengan tanggungjawab mereka pada diri dan orang lain di sekitarnya.

Tapi untuk melatihnya, beri tanggung jawab yang mudah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, jika Anda memberinya tanggung jawab yang belum cocok diberikan untuk anak seusianya, maka kecenderungan anak mengalami stres di usia belia bisa terjadi. Anda tentu tidak mengharapkan hal ini terjadi pada anak Anda bukan?

Oleh karena itu terapkan tips-tips mudah yang bisa digunakan untuk melatih kemandirian anak Anda yang duduk di bangku TK dan SD. Pertama, beri amanah atau kepercayaan berupa tugas ringan yang bisa mereka lakukan. Jika berhasil, berilah mereka pujian, baik secara langsung di hadapannya maupun tidak langsung ke tetangga.

Sebuah pujian bisa menjadi kata yang lebih manjur daripada kata-kata sihir. Mereka akan lebih bersemangat melakukan pekerjaannya sendiri. Tapi, Anda juga perlu memberi pemahaman pada mereka, bahwa setiap melakukan suatu kebaikan, jangan karena dorongan pujian, tapi keinginan untuk melakukan hal terbaik dlam hidup mereka.

Beberapa tugas ringan tersebut yaitu belajar memilih dan menggunakan pakaiannya sendiri, mengambil alat makan sendiri, memakai sepatu bertali, hingga merapikan tempat tidur di pagi hari. Selain itu, dunia anak-anak tidak lepas dari aktivitas bermain dengan alat, latih kemandirian mereka xdengan tugas mengembalikan mainan ke tempatnya semula.

Kedua, latihlah anak Anda untuk BAK dan BAB sendiri di toilet. Bukan hanya tidak perlu diantar, tapi benar-benr pada aplikasi cara membersihkan diri setelah BAK dan BAB. Hal ini berlaku pula saat Anda ingin melatihnya agar terbiasa mandi sendiri.

Anak-anak sangat mudah belajar sehingga jika sebelumnya Anda pernah mengajari cara mandi, membersihkan diri setelah BAB dan BAK, maka akan dengan mudahnya mereka mandi, menggosok sabun, menyikat gigi, da lainnya.

Ketiga, biarkan mereka membantu tugas Anda. Jangan larang karena alasan mereka masih kecil dan malah bikin repot. Dengan izin membantu Anda, mereka merasa dihargai. Beri mereka semangat saat membantu Anda dan tentukan waktunya untuk melatih kedisiplinan. Tapi sampaikan dengan kalimat santai, bukan perintah yang mengandung hukuman.

Keempat, latihlah mereka agar gemar dan terbiasa membaca buku. Beri mereka kebebasan memilih buku sendiri tapi tentu saja di bawah bimbingan Anda. Caranya, beri opsi buku-buku yang cocok untuk anak seusia mereka, lalu minta mereka untuk memilihnya sendiri.

Tips kelima yaitu hindari memberi bantuan secara langsung saat kondisi masih memungkinkan sang anak untuk melakukannya sendiri. Tips ini sangat penting mengingat anak yang manja dan selalu bergantung pada orang tua disebabkan oleh terlalu mudahnya orang tua menawaran bantuan pada anak.

Meski Anda sudah melatih mereka untuk membiasakan diri mengucap kata ‘maaf’ untuk kesalahan, ‘tolong’ untuk meminta bantuan, dan ‘terima kasih’ atas pertolongan yang diberikan orang lain pada dirinya, Anda tetap perlu melatih kemandirian mereka dengan meminta merek ambil sendiri.

Selnjutnya, tips keenam, ajari mereka menabung untuk membeli barang yang diinginkannya. Tapi, Anda juga perlu memberi arahan mengenai barang yang boleh dan tidak boleh dimiliki anak seusianya. Dengan menabung, Anda juga bisa sekalian mengajarkannya untuk berhemat dan bersabar.

Hemat karena mereka tidak meminta uang tambahan untuk menabung, melainkan dari uang saku yang mereka sengaja disisihkan. Sabar karena mereka perlu menunggu sampai tabungan terkumpul untuk membeli barang yang mereka inginkan. Jika barang yang diinginkannya termasuk limited edition, Anda bisa sedikit membantunya.

Tips ketujuh, ajari mereka untuk membuat agenda harian. Dengan begini, setiap aktivitas mereka lebih terjadwal. Mereka juga terlatih untuk disiplin dengan berusaha mematuhi jadwal yang sudah mereka buat sendiri.

Tips terakhir yang tak kalah penting, bahkan sangat cocok untuk ditempatkan pada urutan teratas, yaitu agama. Ajarkan pada anak untuk mencintai agamanya, Allah, dan Rasul-Nya. Dengan begitu, mereka kan tumbuh menjadi angka yang tidak hanya cerdas secara fisik atau pemikiran, tapi juga secara emosional.

Mereka juga bisa menjadi anak soleh dan solehah serta tidak perlu menyuruh lagi untuk mereka shalat dan mengaji. Nah, untuk urusan rangkaian pembersih tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas tersebut, Doremi karakter Thomas & Friends solusinya.

Dengan perawatan tubuh anak body wash, shampoo & conditioner, dan mist cologne produk Doremi yang sangat cocok untuk anak usia sekolah TK dan SD. Selain tidak pedih di mata, mengandung pro vitamin B5, busa melimpah, harum segar buah-buahan, serta botol yang lucu. Dengan begitu, anak Anda akan semakin semangat untuk beraktivitas. So, go #GreatAdventureAwaits!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *