Wajah cantik, 5 skincare wajib dimiliki

Wajah cantik dan bersinar merupakan dambaan bagi setiap wanita. Tak perlu heran, bila perawatan skincare manjadi agenda rutin setiap hari. Bahkan untuk mendapat hasil yang maksimal, para kaum hawa rela merogoh kocek dengan jumlah yang fantastis. Hal tersebut rupanya menjadi daya dorong produsen kosmetik semakin mengembangkan sayap. Aneka macam produk ditawarkan guna memanjakan konsumennya. Saking banyaknya pilihan, kerapkali membuat anda bingung saat hendak membeli. Tenang saja, berikut tips skin care yang wajib dimiliki terutama bagi anda tergolong pemula:

  1. Cleanser

Cleanser berfungsi menyingkirkan aneka kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah. Bagi pemula, facial wash bisa menjadi solusinya. Agar hasil maksimal gunakan dua kali sehari (pagi dan malam). Selain itu, pakailah produk yang sesuai dengan jenis kulit.

  1. Toner

Toner berfungsi mengembalikan pH ke level normal (5,5 ampai 6,5). Bila pH kulit normal, produk berikut yang menyentuh kulit akan terserap dan berfungsi lebih baik. Selain itu, toner juga bisa menghidrasi kulit.

  1. Eksfoliator

Kulit wajah tampak mulus bisa didapat dengan mengelupasnya sel kulit yang lama dan digantikan sel yang baru. Proses ini bisa dilakukan dengan eksfoliasi kulit. Ada dua cara yang bisa anda pilih, pertama secara fisik berupa butiran scrub atau kain yang digosokkan ke wajah. Sedangkan yang kedua dengan kimia seperti pemakaian kelompok BHA (Beta Hydroxy Acid) atau kelompok AHA (Alpha Hydroxy Acid) seperti lactic acid.

Bagi anda yang muslim, eksfoliator dengan berbahan asam laktat juga perlu anda cermati. Sebab MUI menjelaskan jika pembuatan senyawa ini menggunakan media hewan yang haram maka hukumnya menjadi haram. Apabila digunakan saat sholat maka tidak sah. Maka dari itu, sebaiknya anda membeli produk skincare halal yang telah tersertifikasi.

  1. Moisturizer

Kelembapan kulit agar senantiasa selalu terjaga maka gunakan moisturizer. Bagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak maka pilih bentuk gel, sementara bentuk lotion untuk tipe kulit kering.

  1. Sunscreen

Kulit yang terpapar sinar matahari rentan muncul sun spot (bercak hitam), garis-garis halus dan kerutan sebelum waktunya. Oleh karena itu, anda perlu menggunakan sunscreen. Untuk kulit dengan pigmen gelap, SPF 15 cukup melindungi kulit. Sementara kulit yang terang, gunakan minimal SPF 30.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *