5 Daftar Smartphone Unggulan yang Mendukung 5G di 2021


Hadirnya jaringan 5G di Indonesia sudah masuk dalam rencana kerja dari Kemenkominfo yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 2 Tahun 2021. Di tahun ini, beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Thailand juga sudah lebih dulu menawarkan internet 5G ke masyarakat luas.

Nah kabar baiknya, 27 Mei 2021 lalu resmi menjadi hari lahirnya internet 5G di Indonesia. Di mana Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar layanan tersebut. Jaringan 5G digadang-gadang memiliki berbagai kelebihan yang tentu saja lebih baik dari 4G. Di antaranya adalah kecepatan transmisi yang maksimal, tidak memiliki delay, koneksinya yang lebih luas, hingga konsumsi energi yang lebih hemat. 

Supaya bisa menikmati kelebihan dari jaringan 5G, tentu saja kita perlu menggunakan smartphone yang spesifikasinya sesuai dan memang sudah mendukung jaringan 5G. Sebab, jika tidak, maka jaringan 5G tidak bisa digunakan atau berfungsi maksimal. Di Indonesia, smartphone yang mendukung jaringan 5G sudah cukup banyak. Mulai dari yang flagship sampai yang middle level. Apa saja?

iPhone 12 ke atas

Bicara soal HP flagship, Apple tentu nggak boleh ketinggalan. iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max yang kisaran harganya masih di angka Rp 15 juta sampai dengan Rp 20 jutaan ini termasuk HP flagship yang sudah mendukung jaringan 5G. 

Meski harganya selangit, nggak bisa dipungkiri kalau tentu saja iPhone 12 ke atas hadir dengan sejumlah keunggulannya yang mengagumkan. Mulai dari desain, material bodi, jenis layar yang digunakan, fotografi, hingga teknologi seperti Apple A14 yang sangat mendukung beragam aktivitas di iPhone 12 jadi lebih mulus dan memanjakan pengguna. 

Oppo A74 5G

Kalau harga iPhone 12 masih kejauhan untuk standar kantongmu, mungkin kamu bisa coba melirik Oppo A74 5G yang merupakan smartphone berbasis Android. Dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta ke atas, sesuai namanya, Oppo A74 5G tentu sudah mendukung jaringan 5G. Selain jaringan 5G, smartphone kelas/level menengah dari Oppo ini juga memiliki sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan. 

Beberapa di antaranya adalah kapasitas RAM dan ROM yang besar yaitu 6GB/128GB, OS Android 11 yang merupakan sistem operasi terbaru, quad camera atau kamera dengan 4 lensa, baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh, dan terakhir yang nggak kalah pentingnya adalah prosesor Snapdragon 480 untuk mendukung jaringan 5G. 

Samsung Galaxy A32 5G

Masih dalam kategori smartphone middle level, Samsung juga punya Galaxy A32 5G yang pastinya sudah mendukung jaringan 5G Telkomsel. Sedikit lebih mahal dibanding Oppo A74 5G, Samsung Galaxy A32 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3,9 juta untuk pasar Indonesia. 

Serupa dengan Oppo A74 5G, Galaxy A32 juga hadir dengan sistem operasi Android terbaru yaitu Android 11. Namun, kapasitas RAM dan ROM Galaxy A32 lebih jumbo yaitu 8GB/120GB. Selebihnya, spesifikasinya kurang lebih sama: kamera empat lensa untuk kamera utama, hingga baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15 watt.

Vivo V21 5G

Sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak 24 Mei 2021, Vivo V21 5G termasuk dalam jajaran smartphone flagship unggulan yang bisa internet 5G Telkomsel. Smartphone yang dibekali layar AMOLED 6,44 inci ini hadir dalam RAM & ROM berkapasitas jumbo yaitu 8GB/128 GB. Bukan hanya itu, Vivo V21 5G juga sudah hadir dengan Android 11. 

Berbeda dengan Oppo A74 dan Galaxy A32, Vivo V21 5G hadir dengan triple kamera atau kamera tiga lensa sebagai kamera utamanya dengan resolusi masing-masing 64MP + 8MP +2MP. Sementara kamera selfienya memiliki resolusi 44 MP. Dari sisi kapasitas baterai, Vivo V21 5G memiliki baterai sebesar 4.000 mAh namun didukung dengan teknologi pengisian daya cepat sebesar 33 watt. 

Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11 Pro, dan Mi 11 Lite

Tak mau ketinggalan meramaikan euforia, Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11 Pro, dan Mi 11 Lite adalah 4 varian dari Xiaomi Mi 11 yang sudah mendukung jaringan 5G. Ketiganya merupakan smartphone berkategori flagship yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 11 jutaan. 

Saat ini, Xiaomi Mi 11 adalah varian atau tipe yang baru tersedia di pasar Indonesia. Selayaknya smartphone flagship, Xiaomi 11 tentu saja hadir dengan sejumlah teknologi dan spesifikasi canggih. 

Mulai dari Snapdragon 888 yang merupakan chipset tercanggih, layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz yang akan membuat semua aktivitas di smartphone ini jadi lebih smooth dengan tampilan visual yang menawan, kamera dengan tiga lensa yang didukung berbagai fitur menarik seperti Night Mode, Magic Zoom, Time Freeze, atau Voice Isolation, hingga dual speaker premium pada bagian audionya. 

Cara Cicilan Tanpa Kartu Kredit Smartphone 5G di E-Commerce

Sebagian dari daftar smartphone di atas sudah bisa kamu cari dan temukan di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, atau Blibli. Tentunya, pembelian smartphone tersebut bisa dicicl dengan menggunakan kartu kredit ataupun cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo

Kredivo adalah layanan pay later yang menyediakan dua opsi pembayaran yaitu 30 hari tanpa bunga atau cicilan 3/6/12 bulan dengan bunga rendah. Hanya 2,6% per bulan untuk minimum transaksi minimal 500 ribu. Tanpa uang muka!

Tokopedia, Lazada, dan Blibli adalah 3 dari 1000+ merchant online maupun offline di Indonesia yang sudah menjadi mitra Kredivo. Jadi, jika kamu memiliki akun Kredivo, kamu bisa langsung bertransaksi ataupun menggunakan opsi cicilan tanpa kartu kredit di e-commerce tersebut. Misalnya untuk kredit HP 5G

Bukan hanya bunga yang rendah dan pilihan merchant yang banyak, kelebihan Kredivo dibanding aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lainnya terletak pada limit kredit yang ditawarkan. Bagi pengguna Premium, limit kredit yang didapat bisa s.d Rp 30 juta, lho. 

Kapan lagi bisa punya fasilitas kredit online yang daftarnya mudah, tapi bisa kasih limit besar? Daripada penasaran, mending buruan deh daftar Kredivo sekarang dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *