5 Kebiasaan Pengusaha yang Paling Efektif

Untuk menjadi pengusaha sukses tak hanya mahir dalam membuat keputusan bisnis saja. Banyak pebisnis sukses yang menerapkan kebiasaan kecil yang berdampak besar pada dirinya, contoh sederhana seperti bijak menggunakan aplikasi kredit. Kebiasaan pengusaha ini mampu mempengaruhi cara kerja dan pola pikir mereka.

Untuk memulainya tak harus menunggu hingga kamu sukses terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya dari sekarang. Selain dapat membentuk dirimu jadi pribadi yang lebih baik juga mampu sebagai analisis pasar. Adapun 5 kebiasaan pengusaha paling efektif bisa menyimak ulasan berikut: 

1. Membuat Rancangan Kerja

Kebiasaan pertama adalah rutin membuat rancangan kerja. Rancangan kerja sendiri berisi tentang detail pekerjaan yang dilakukan pada hari tersebut, umumnya dikenal dengan to do list. Rancangan kerja ini tersusun berdasarkan skala prioritas.

Kamu bisa menyusunnya berdasarkan pekerjaan yang sifatnya paling penting dna mendesak dikerjakan. Untuk pekerjaan yang selesai bisa coret dari daftar sebagai penanda pencapaian hari ini. 

Walau kelihatannya sederhana namun mampu membantu kamu dalam bekerja tepat waktu dan tuntas. Dari rancangan kerja ini kamu bisa mengetahui apakah sudah memenuhi target pencapaian atau belum. 

Lakukan evaluasi setelahnya sehingga kamu bisa mengetahui pekerjaan apa yang belum terselesaikan atau belum. Dengan evaluasi kerja kamu dapat mengetahui apakah cara kerjamu tadi sudah tepat atau belum. 

2. Membaca

Meskipun kelihatannya sederhana namun kebiasaan membaca memberikan dampak yang besar. Dengan membaca bisa mengumpulkan informasi yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Selain itu membaca bisa membantu kamu lebih up to date.

Kamu bisa membiasakan diri dengan membaca berita setiap paginya. Dengan begitu kamu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang sedang terjadi di dunia. Kamu dapat memahami tren yang sedang terjadi. Membaca juga salah satu cara untuk menstimulus otak kanan agar bisa berpikir secara kreatif.

Berita juga memiliki pengaruh yang besar pada bisnis. Kebijakan pemerintah maupun isu politik dan ekonomi dapat berpengaruh pada pasar. Berita atau data yang kamu dapatkan, bisa menjadi pendukung dalam membuat keputusan bisnis yang strategis.

3. Bangun Lebih Pagi dan Berolahraga

Perumpamaan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang kuat” bukanlah slogan semata. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar akan membantu dalam beraktivitas khususnya saat bekerja. Kamu bisa membiasakan diri untuk bangun lebih pagi dan berolahraga.

Kebanyakan orang sukses biasa bangun lebih pagi. Mereka bisa menghirup udara segar saat jalan-jalan pagi. Udara yang segar mendukung tubuh lebih bugar. Pikiran jadi lebih tenang dan fresh.

Olahraga tak harus berat atau membutuhkan peralatan gym. Kamu bisa membiasakan diri untuk rutin jogging pagi maupun bersepeda. Olahraga pagi juga terbukti mampu memperbaiki kesehatan mental. 

4. Ikut Pengembangan Diri

Tak ada waktu untuk berhenti belajar bagi pebisnis sukses. Banyak CEO dunia hingga usia senja terus melakukan pengembangan diri. Hal ini karena dunia terus berubah sehingga kemampuan diri juga menuntutmu untuk meningkat.

Untuk mengembangkan diri bisa dengan mengikuti seminar, workshop atau training yang sesuai dengan passion. Hal ini juga mendorong kamu untuk terus berinteraksi dan kesempatan membangun relasi.

Dengan ikut mengembangkan diri maka kamu bisa menilai bisnis dari berbagai perspektif. Kamu dapat menemukan solusi yang tepat untuk setiap masalah yang kini dihadapi.

5. Berani Berinvestasi

Pengusaha yang sukses memiliki kebiasaan berani berinvestasi. Tak heran bila usaha yang pengusaha sukses miliki biasanya lebih dari satu jenis. Tindakan ini juga bisa mengurangi resiko kerugian bisnis yang mungkin terjadi kedepannya.

Investasi membuat dana tidak diam bekerja. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan menutupi kerugian suatu bisnis dari bisnis lainnya.

Dalam berinvestasi, pengusaha juga berani mengambil risiko yang terukur. Artinya setiap keputusan selalu berdasarkan perhitungan. Begitu juga ketika dalam menggunakan utang produktif. 

Kini ada banyak aplikasi kredit yang memberikan kemudahan dalam modal usaha. Beberapa pengusaha kecil dan menengah dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis.

Kredivo, sebagai salah satu aplikasi kredit tepercaya, memberikan limit kredit sampai dengan Rp30 juta dengan syarat yang mudah. Proses pendaftaran dan pencairan pun bisa dilakukan dalam waktu singkat tidak perlu menunggu berminggu-minggu atau bebulan-bulan.

Kredivo sudah terdaftar resmi di OJK sehingga debitur punya kepastian hukum yang jelas. Syarat pendaftarannya pun sangat mudah cukup KTP, berusia antara 18-60 tahun dan punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan

Cicilan Kredivo juga beragam dan fleksibel. Mulai dari 30 hari, 3 bulan dan maksimal 6 bulan untuk kredit tunai. Bunganya sendiri sangat terjangkau hanya 2,6% saja per bulan. Ada biaya admin di muka sebesar 6% yang akan dipotong di muka dari total pinjaman.

Kebiasaan pengusaha nyatanya memberikan pengaruh besar dalam pola pikir dan kerja mereka. Untuk menjadi sukses bisa dengan memulai menerapkan kebiasaan positif di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *