Beberapa Cara Untuk Meredakan gejala Anyang-anyangan

Perih dan Mengganggu, Ini 11 Penyebab Anyang-anyangan

Mengalami gejala anyang anyangan memang sangat membuat tidak nyaman dan tidak mengenakan. Selain karna merasakan nyeri, anyang anyangan juga bisa membuat anda bolak-balik kamar mandi untuk membuang air kecil, walaupun air kencing yang anda keluarkan hanya sedikit saja.

Namun ada beberapa cara yang ampuh untuk meredakan anyang anyangan secara sederhana dirumah. Berikut ini beberapa cara untuk meredakan penyebab anyang anyangan yang ampuh dirumah secara sederhana.

1. Kompres dengan air hangat

Dengan memberikan kompres di perut bagian bawah dengan menggunakan handuk dan air hangat, bisa membantu meredakan anyang anyangan. Lakukan 3-4 kali selama 15 menit hingga anda merasakan anyang-anyangannya mereda.

2. Menggunakan baju dan celana yang nyaman dan longgar

Bakteri dapat dengan mudah tumbuh di area yang hangat dan lembab. Maka dari itu, jangan gunakan baju dan celana yang sempit, hingga anyang anyangan anda menghilang.

Ganti baju dan celana anda yg sempit dengan pakaian yang nyaman dan longgar. Gunakan baju dan celana yang dapat menyerap keringat secara baik seperti baju dan celana yang berbahan katun. Jika anda mengikuti cara tersebut, sirkulasi udara di area sensitif akan baik sehingga pertumbuhan bakteri akan berkurang.

3. Mengkonsumsi cranberry

Cranberry bermanfaat untuk pengobatan alami saluran kemih dan salah satunya untuk meredakan gejala anyang anyangan yang timbul. Karena cranberry mengandung zat yang disebut proanthocyanidins yang dapat berfungsi untuk mencegah bakteri yang menyebabkan infeksi pada dinding saluran kemih sehingga dapat mencegah dan meredakan gejala anyang anyangan anda.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari cranberry, anda bisa mengolahnya menjadi minuman jus atau bisa juga mengkonsumsinya secara langsung. Anda bisa juga mengkonsumsi ekstrak cranberry secara langsung yang sudah banyak dijual bebas dipasaran.

4. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak

Kita dianjurkan untuk meminum 8 gelas air putih dalam sehari. Dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari bisa membuat anda lebih banyak membuang air kecil dan untuk menghindari dehidrasi. 

Bakteri saluran kemih dikeluarkan dengan cara membuang air kecil. Dengan membuang air kecil lebih sering dapat mengurangi bakteri pada saluran kemih lebih banyak.

5. Jangan menahan buang air kecil

Walaupun sakit, diharuskan untuk membuang air kecil saat merasakan dorongan untuk buang air kecil. Jika ditahan, bakteri cenderung akan berkembang biak. Dengan begitu gejala anyang anyangan akan semakin memburuk. 

Jika anda membuang air kecil maka dapat meredakan anyang anyangan, karena bakteri yang ada pada saluran kemih akan terbuang dan tidak berkembang biak yang bisa membuat gejala anyang anyangan memburuk.

6. Jaga makanan dan minuman yang anda konsumsi

Jika sedang mengalami gejala anyang anyangan, sebaiknya anda menghindari jenis makanan dan minuman berikut ini:

– Hindari makanan dan minuman yang mempunyai rasa asam

– Hindari minuman beralkohol

– Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan

– Tidak mengkonsumsi makanan pedas

– Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, coklat dan kopi

Hal tersebut dapat mengiritasi kantung kemih dan saluran kemih sehingga menyebabkan gejala anyang anyangan sulit membaik.

Itulah beberapa cara untuk meredakan gejala anyang anyangan, ada yang harus dihindari ada juga yang harus dilakukan agar gejala anyang anyangan cepat mereda. Semoga artikel diatas dapat membantu anda yang sedang mengalami gejala penyebab anyang anyangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *