Cara Membuat Buko Pandan Yang Enak

Resep Buko Pandan Khas Filipina, Segarnya Bisa Bikin Semangat

Pernahkah anda mendengar kuliner yang satu ini? Bukp pandan ini jika dari namanya saja mungkin seperti nama Bahasa daerah. Namun sebenarnya buko ini adalah dari Bahasa Filipina yang artinya kelapa muda. Jadi buko pandan ini adalah es kelapa muda pandan. Jadi tentunya es buko pandan ini sangat mempunyai ciri khas hijau. Nah, es buko pandan ini sendiri sangat popular di filipina. Inilah yang membuat kuliner asal Filipina ini popular hingga Indonesia. Es buko pandan ini sendiri bisa dibilang memiliki rasa enak dan menyegarkan. Adana kelapa muda tentunya menambah cita rasa. Es buko pandan ini sendiri cukup popular di beberapa daerah di Indonesia seperti daerah Sumatera. Buko pandan ini bisa anda buat sendiri lho! Berikut cara membuat buko pandan yang enak.

Bahan-Bahan Dalam Membuat Buko Pandan

  • Air Kelapa Muda Secukupnya Saja
  • Daging kelapa muda 1 buah
  • Nata De Coco 1 bungkus
  • Kental Manis ½ kaleng
  • Susu Evaporated 2 kaleng
  • Agar-agar warna hijau 1 bungkus
  • Pasta pandan 3 tetes-4 tetes
  • Keju Cheddar Parut
  • Garam Secukupnya
  • Sagu Mutiara 85 gram

Cara Membuat Buko Pandan:

  1. Hal yang pertama anda siapkan dalam membuat buko pandan adalah dengan memasak sagu mutiaranya terlebih dahulu. Jadi anda siapkan air di dalam panci secukupnya saja. Setelah itu masukkan sagu mutiaranya. Tambahkan pasta pandanya. Aduk dan masak hingga sagu mutiaranya kenyal. Jika sudah kenyal, sisihkan dahulu.
  2. Hal kedua yang anda lakukan adalah dengan membuat agar-agar hijaunya. Caranya mudah sekali, anda tinggal memasukkan agar-agar ke dalam panci. Lalu masukkan air kelapa mudanya. Jika sudah nyalakan api kecil dan masak hingga mendidih. Pastikan ketika memasak agar-agarnya tidak sampai gosong dan harus diaduk terus. Selanjutnya jika kuran air kelapanya, tambahkan air biasanya saja sedikit. Setelah agarnya matang, dinginkan di suhu ruang dahulu. Kemudian masukkan kulkas dan potong menjadi bentuk dadu.
  3. Setelah membuat agar dan bubur Mutiara ini, sekarang menyiapkan kelapa mudanya dengan menyerutnya. Anda bisa beli serutan kelapa muda yang banyak dijual. Diserut kelapa mudanya dan taruh dalam wadah. Setelah itu anda siapkan juga nata de coconya. Masukkan dalam wadah berbeda nata de coconya.
  4. Hal keempat ini adalah mencampurkan semua bahannya menjadi es buko. Anda haru terlebih dahulu memasukkan agar-agar, bubur Mutiara, kelapa muda, nata de coco ke dalam mangkuk. Setelah itu masukkan susu evaporates secukupnya dan kental manisnya. Aduk-aduk hingga tercampur dan kemudian tambahkan keju cheddar yang sudah diparut ke atasnya.

Tips Dalam Membuat Buko Pandan

Anda sudah melihat tahapan-tahapan di atas dalam membuat es buko pandan ini. Nah, jika anda merasa belum mengerti, anda bisa memahami jika buko pandan yang paling penting adalah kelapa muda dan juga agar-agar hijaunya. Yang lainnya adalah tambahan saja. Kemudian untuk kejunya, anda bisa ganti dengan topping lain. Anda bisa ganti dengan topping ceres atau juga cokelat. Nah, anda juga bisa tanbahkan kacang. Kacang yang digunakan bisa kacang tanah yang digoreng dahulu atau juga akcang almond pannggang. Buah-buahan juga bisa ditambahkan ke dalam es buko pandan ini. Anda bisa menambahkan buah melon, anggur atau juga semangka. Agar lebih segar, anda bisa tambahkan strawberry juga. Selain itu juga es serut di taruh di atasnya akan enak juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *