Inilah 4 Cerita Dongeng Dengan Pesan Moral Terbaik

Dongeng 'Malin Kundang' untuk Pengantar Tidur Anak Agar Tidak Durhaka

Siapa yang tidak kenal dengan cerita dongeng, mulai anak-anak hingga orang dewasa pasti menyukai cerita dongeng. Cerita dongeng sangat menghibur dan menambah pengetahuan kita tentang moral. Namun saat ini, minat baca anak-anak zaman sekarang semakin berkurang karena hadirnya gadget.

Untuk itu, sebagai orang dewasa hendaknya kitalah yang tidak lelah mengenalkan anak-anak betapa menyenangkannya membaca. Dengan demikian, minat baca anak-anak bisa saja meningkat seiring waktu. Agar lebih menarik, Anda bisa memperkenalkan buku dengan gambar berwarna seperti dongeng. Anda juga bisa menceritakannya sambil menggerakkan tubuh dan suara yang membangkitkan semangat anak-anak.

Ada banyak cerita dongeng anak yang bisa dibaca mulai dari cerita fabel atau binatang, cerita rakyat, cerita legenda dan lain-lain. Setiap cerita dongeng tentu memiliki pesan moral yang terkandung di dalamnya. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 4 cerita dongeng dengan pesan moral terbaik yang bisa Anda coba bacakan kepada anak-anak.

1.     Malin Kundang

Malin Kundang adalah cerita rakyat dari Sumatera Barat. Cerita ini sangat mendidik dimana dalam cerita ini mengisahkan seorang anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi sebuah batu. Hal ini bukanlah tanpa alasan karena Malin Kundang memang durhaka kepada ibunya. Sebenarnya Malin Kundang adalah anak yang baik, namun setelah merantau dan kembali ke daerah tempat ibunya tinggal, Malin Kundang seolah melupakan ibunya. Ibunya merasa sedih dan marah sehingga mengutuknya menjadi sebuah batu.

Pesan moral dari cerita ini adalah janganlah kita durhaka kepada orang tua kita. Sesukses apapun kita adalah berkat doa dan dukungan orang tua. Khususnya kepada ibu, karena surga itu berada di bawah telapak kaki ibu.

2.     Legenda Sangkuriang

Legenda Sangkuriang adalah cerita legenda dari Bandung yang bertepatan di Gunung Tangkuban Perahu. Dalam cerita legenda sangkuriang terdapat pesan moral dimana seorang anak haruslah selalu berbakti kepada orang tua. Perlu kita ketahui betapa mulianya orang tua karena terus mendoakan anaknya. Selain itu, pesan lain yang diambil dari cerita ini adalah jangan mengambil tindakan saat sedang marah.

3.     Cerita Kerbau dan Buaya

Kerbau dan buaya menceritakan dongeng fabel. Cerita ini menceritakan seekor buaya yang tertindih batang pohon besar. Buaya merintih dan meminta tolong kepada kerbau yang tidak sengaja melintas. Kerbau ingin membantunya namun kerbau takut jika dibantu nanti buaya akan memangsanya. Namun, buaya terus membujuk kerbau hingga membuat kerbau iba dan menolong buaya.

Setelah ditolong, justru buaya langsung menggigit kaki kerbau dan berniat memakannya. Beruntungnya ada kancil yang cerdik dan membujuk buaya melakukan reka ulang saat ia tertindih batang pohon besar. Saat buaya tertindih lagi, kancil dan kerbau segera meninggalkan buaya sendirian. Kisah ini memiliki pesan moral bahwa perbuatan baik harus dibalas dengan kebaukan juga.

4.     Pinokio

Siapa yang tidak kenal dengan cerita pinokio. Pinokio adalah boneka kayu yang dibuat oleh Pak Geppeto yang menginginkan seorang anak laki-laki. Kemudian malamnya peri datang dan menghidupkan boneka kayu yang dibuat pak Geppeto. Pak Geppeto senang dan merasa seperti memiliki anak. Namun sayangnya, setiap kali pinokio berbohong hidungnya terus memanjang. Setelah melalui banyak sekali perjalanan, akhirnya pinokio menjadi anak laki-laki sungguhan. Pesan dari cerita ini adalah kita tidak boleh berbohong kepada siapa saja.

Itulah dongeng anak yang memiliki pesan moral terbaik sepanjang masa. Anda bisa membacakan dongeng ini kepada anak-anak saat sedang bermain atau sebagai cerita pengantar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *